Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Qalqalah dan Huruf Qalqalah

Pengertian Qalalah dan Huruf Qalqalah - Dalam membaca Ayat-ayat Al-Quran, tidak terlepas dari hukum dan ketentuan-ketentuan yang menandakan adanya perubahan-perubahan dalam membaca Al-Quran.  Perubahan itu ada karna hukum yang telah berlaku dalam Ilmu Tajwid agar bacaan Al-Quran kita lebih baik lagi. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang Pengertian Qalqalah dan Huruf-huruf Qalqalah.


Qalqalah artinya bergetar / dipantulkan. Bacaan Qalqalah terjadi ketika adanya salah satu huruf qalqalah bertanda sukun atau mati. Huruf Qalqalah ada 5 macam yaitu sebagai berikut : 
ق ط ب ج د

atau agar lebih mudah diingat oleh sahabat blog semua yaitu, " BAJU DI TOKO "
" بجدطق " 

Qalaqalah dalam ilmu tajwid memiliki 2 bentuk dalam membacanya, yaitu : 
1. Qalqalah Shughra (Qalqalah Kecil)
2. Qalaqalah Kubra (Qalqalah Besar)

Qalqalah sugra ialah, bunyi bacaan huruf qalqlah yang bertanda mati (sukun) pada asal hurufnya, bukan karena mati dengan sebab berhenti atau waqaf, maka dalam membacanya juga harus sedikit terulang / menggandakan huruf mati yang suara pantulannya sedikit kecil. 

Contoh qalqalah sugra : 



Qalqalah kubra ialah, huruf-huruf qolqalah yang bunyi hurufnya bukan mati pada asalnya, mati (disukunnkan) tersebut karena dengan sebab berhenti / wakaf pada akhir kalimat ataupun pada akhir ayat, maka cara membacanya harus sedikit agak dibesarkan dalam pantulan sukun tersebut.


Contoh qalqalah kubra : 




Demikianlah tadi penjelasan tentang hukum bacaan qalqlah atau pengertian qalqalah. Dengan seringnya kita membaca Al Quran, maka sahabat pastinya akan menemukan ayat demi ayat tentang hukum yang harus digunakan dalam membacanya.  

Post a Comment for "Pengertian Qalqalah dan Huruf Qalqalah"