Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh Proposal Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Proposal Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammda SAW - Bentuk kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW yaitu dengan mengenang jasa-jasa beliau dan selalu mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh beliau. Salah satu bentuk kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW yaitu dengan menyelenggarakannya kegiatan Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Peringatan Isra Miraj sering dilakukan oleh umat Islam di dunia. Warga masyarakat sering sekali menyelenggarakan kegiatan memperingati Isra Miraj Nabi Muhammd SAW di Masjid-masjid, rumah, linggungan RT, RW, Desa, di sekolah dan lain sebagaiya. 



Kegitan Peringatan Isra Miraj Nabi ini yaitu bertujuan untuk menjalin tali persaudaraan antara kaum mulimin dan muslimat, membentuk generasi berprestasi dan berpotensi yang berwawasan tinggi, membentuk sebuah miliun yang mendidik moral dan spiritual santri, memperluas ilmu pengetahuan dan wawasan peserta yang berdasar pada agama Islam, menuju generasi berprestasi yang kuat lahir batin yang berwawasan luas. Pada kesempatan kali ini, admin akan berbagi conoh proposal peringatan Isra Miraj Nabi /  peringatan hari besar Islam. Simak pada uraian yang kami buat.

CONTOH PROPOSAL PERINGATAN ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW

I. DASAR PEMIKIRAN
Nabi Muhammad adalah nabi akhir zaman yang selalu menjadi panutan yang tak akan pernah ada yang mengingkari kebenarannya. Beliaulah yang menuntun seluruh umat manusia menuju jalan yang terang benderang yang selalu disinari dengan cahaya islam. Dengan perjuangan beliau umat manusia bangkit dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang dengan cahaya islam. Karena beliau jugalah seluruh manusia yang ada di bumi ini selamat dari kehancuran serta dengan kelahiran nabi akhir zaman ini terciptalah aturan-aturan islam yang penuh dengan keharmonisan, persaudaraan, dan keseimbangan dengan terhapusnya perselisihan, pertikaian, dan peperangan.

Betapa luar biasa jasa Nabi Muhammad saw kepada seluruh umat manusia yang ada di dunia ini. Maka sudah sepantasnya kita sebagai umatnya untuk selalu mengenangnya dan berusaha sekuat tenaga untuk mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh beliau. Karena apa yang telah dikatakan, dilakukan, dan ditetapkan oleh beliau telah menjadi sumber dasar segala hukum islam setelah Al Qur’an yang sudah tidak diragukan kebenarannya. Karena dengan selalu mengikuti apa yang telah diajarkan kepada kita maka kita akan diakui sebagai umat beliau kelak di Hari Kiamat.

Salah satu cara untuk menunjukkan kecintaaan kita kepada Nabi Besar Muhammad saw adalah dengan selalu mengenang tentang peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Isra Mi’raj Nabi Muhammad merupakan suatu peristiwa yang sangatlah penting bagi kita semua, karena hikman dari kejadian tersebut ialah dimana semua umat islam didunia diistimewakan untuk menjalankan shalat liwa waktu. Perintah shalat lima waktu itu diterima langsung oleh Nabi tanpa melalui malaikat Jibril. Dengan adanya perintah sholah,, maka semua orang yang beragama Islam diwajibkan untuk menjalankan Ibadah Shalat tersebut.
Dalam Kitab Suci Al-Qur’an tentang kejadian luar biasa tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT kepada hambanya yang tercinta (Nabi Muhammad SAW) pada malam isra mi’raj, dijelaskan dalam Surat Al-Isra ayat 1 :

سُبۡحَٰنَ ٱلَّذِيٓ أَسۡرَىٰ بِعَبۡدِهِۦ لَيۡلٗا مِّنَ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ إِلَى ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡأَقۡصَا ٱلَّذِي بَٰرَكۡنَا حَوۡلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنۡ ءَايَٰتِنَآۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡبَصِيرُ  ١

Artinya :
“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hambanya pada suatu malam dari Masjilid Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami Berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” {Surat Al-Isra Ayat 1}.


Untuk tercipta sebuah generasi yang selalu mengikuti ajaran Nabi Muhammad saw dan senantiasa berusaha untuk menjadi pribadi muslim yang sesuai dengan harapan beliau. Dengan demikian akhirnya kami terus selalu belajar memengang teguh apa yang telah beliau ajarkan kepada umatnya.


II. MAKSUD DAN TUJUAN 
Maksud dan tujuan kami mengadakan Maulid Nabi Muhammad SAW yaitu :
  • Membentuk generasi berprestasi dan berpotensi yang berwawasan tinggi. 
  • Membentuk sebuah miliun yang mendidik moral dan spiritual santri. 
  • Memperluas ilmu pengetahuan dan wawasan peserta yang berdasar pada agama Islam. - Menuju generasi berprestasi yang kuat lahir batin yang berwawasan luas.
  • Silaturahmi antar Muslimin dan Muslimat.

III. PENYELENGGARAAN 
Penyelenggara adalah Ikatan Remaja Islam Masjid Jami As-Salafiah Kp. Karang Anyar, Kelurahan Nagri Tengah, Purwakarta.

IV. KEGIATAN 
a. Nama Kegiatan Peringatan Isra Mi’raj Muhammad SAW
b. Tema Menumbuhkan rasa cinta dan bangga pada Nabi Muhammaad saw.
c. Tempat dan Waktu Kegiatan Acara ini Insya Allah akan diselenggarakan pada:
Hari : Minggu
Tanggal : 29 Maret 2020
Pukul : 20.00 s.d Selesai / Ba’da Isa
Tempat : Masjid Jami As-Salafiyyah Kp.Karang Anyar, Kel.Nagri Tengah
Penceramah : Ust. Amri

V. ANGGARAN DANA
  • Kesekretariatan : Rp.1.350.000,-
  • Kepanitiaan : Rp. 300.000,-
  • Konsumsi : Rp. 6.000.000,-
  • Transport Perceramah : Rp. 1.000.000,-
  • Transport Pem. Al-Qur’an : Rp. 200.000,-
  • Transport Pem. Sholawat : Rp. 200.000,-
  • Transport Pembaca Doa : Rp. 200.000,
  • Biaya Tak Terduga : Rp. 895.000,-

Total Keseluruhan : Rp.10.345.000,-



VI. SUSUSNAN PANITIA 

Terlampir 

VIII. PENUTUP 

Demikian Proposal Isra Miraj di lingkungan Masjid Jami As-salafiyyah, Kp.Karang Anyar Kelurahan Nagri Tengah Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta. Kami Selaku Remaja Masjid Jami As-Salafiyah / Pengurus Masjid mengucapkan syukur kehadirat ALLOH SWT, karena telah menggerakan hati kepada para panitia, warga masjid dan para donatur, untuk selalu beramal melalui berbagai cara, baik dengan jiwa, harta, maupun tenaga. Yang kesemuanya itu tidak lain kita harapkan akan menjadi penolong dan simpanan pahala kita pada hari akhirat nanti, amiin. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dalam proposal isra miraj ini, Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. 


Link Download :
=> CONTOH PROPOSAL ISRA MIRAJ


Itulah dari tadi tentang Contoh Proposal Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Contoh Proposal Kegiatan Isra Miraj di Sekolah juga hampir sama, tinggal merubah atau menyesuaikan anggaran yang dibutuhkan dalam kegitan tersebut. Bagi sahabat yang membutuhkan contoh prosal isra miraj ini, silahkan unduh atau download pada tautan yang telah admin sediakan. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kekeliruan pada uraian diatas. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Contoh Proposal Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW"