Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Hukum Nun Mati atau Tanwin (Izh-har, Idgham, Ikhfa dan Iqlab)

Hukum Nun Mati atau Tanwin (Izh-har, Idgham, Ikhfa dan Iqlab) - Hukum Nun mati atau Tanwin adalah merupakan ilmu tajwid yang harus kita pelajari dengan baik, agar dalam pembacaan ayat suci Al-Qur'an menjadi semakin lebih sempurna lagi. Dari Ilmu tajwid kita dapat mengetaui lebih jelas tentang tata cara membaca Al-Quran yang baik dan secara tepat, sesuai ketentuan sebagaima Para Ahli dalam membaca kitab suci Al-Quran.


Hukum nun mati / tanwin ada 4 macam, yaitu : 
  1. Izhar
  2. Idgham
  3. Ikhfa
  4. dan Iqlab

Dari keempat hukum tersebut masing-masing memiliki arti atau tata cara baca yang berbeda-beda, maka hukum tajwid yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini yaitu tentang Nun Mati atau Tanwin berhadapan dengan huruf Izhar , Idgham, Ikhfa dan Iqlab. Berikut ini ulasan tentang 4 hukum Nun Mati/Tanwin berhadapan huruf hijaiyyah


HUKUM NUN MATI ATAU TANWIN

1. IZH-HAR


Izhhar artinya jelas atau tidak berubah. Maksudnya, ketika Nun mati/tanwin bertemu atau berhadapan dengan salah satu huruf Izh-har, maka pembacaan pada salah satu kalimat atau kalimat yang berhadap dengan huruf izhhar tersebut harus dibaca dengan jelas (tidak berubah). Huruf Izhhar ada 6 buah, yaitu : 
ا ھ ح خ ع غ

Contoh huruf Izhhar bertemu denga Nun Mati atau Tanwin :



2. IDGHAM 


Idgham merupakan perubahan atau hilangnya suara asli yang disebabkan Nun mati atau tanwin berhadapan dengan salah satu huruf idgham.

Huruf Idgham ada 4 buah, yaitu : 
ي رم ل و ن

Nun mati/tanwin bertemu huruf Idgham itu ada 2 macam, yaitu :


  1. Idgham Ma'al Gunnah (Idgham pakai dengung)
  2. Idgham Bila Gunnah (Idgham tidak pakai dengung)

Contoh Idham Maal Gunnah dan Idham Bila Gunnnah 

a. Idgham Ma'al Gunnah
Idgham Ma'al Gunnah (Idgham pakai dengung) adalah huruf Nun mati/tanwin bertemu dengan huruf   ي م و ن 

Contoh Idgham Ma'al Gunnah :



b. Idgham Bila Gunnah
Idgham Bila Gunnah (Idgham tidak pakai dengung) adalah huruf Nun mati/tanwin bertemu dengan huruf   ر  ل

Contoh Idgham Bila Gunnah :




3. IKHFA

Ikfa yaitu menyembunyikan atau berubah sama-samar dari "N" pada umumnya menjadi NG apabila nun mati atau tanwin bertemu/dihadapkan dengan huruf ikhfa. 

Huruf Ikhfa ada 15 buah, yaitu

ت ث ج د ذ زس ش ص ض ط ظ ف ق ك


Contoh Ikhfa :



4. IQLAB

Iqlab yaitu perubahan suara yang memang benar-benar bertukarnya salah satu huruf Nun mati/tanwin bertemu dengan huruf     ب   yang pada akhirnya akan berbunyi mim mati.

Contoh Iqlab :



Demikianlah tadi ulasan mengenai Hukum Nun Mati atau Tanwin berhdapan dengan huruf Izh-har, Idgham, Ikhfa dan Iqlab. Pada uraian tadi memang cukuplah pajang dan rumit jikalau kita tidak pahami dengan benar-benar hukum-hukum tersebut. Maka agar lebih mudah dipahami, kita harus selalu bertanya kembali kepada para Ahlinya, seperti Ustadz , Kiyai dan para ahli  pembaca Al Quran . Mohon kritik dan sarannya apabila terdapat kekeliruan pada ulasan tadi di atas. Semoga bermanfaat.


2 comments for "Hukum Nun Mati atau Tanwin (Izh-har, Idgham, Ikhfa dan Iqlab)"